Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

All New Rush Dan Terios Siap Tantang Honda Brv Dan Hr-V

Akhirnya duo SUV Toyota dan Daihatsu ini mendapat juga penyegaran gres a.k.a facelift sehabis lebih dari satu dekade. Mobil kembar ini tentunya akan berhadapan pribadi dengan Honda HR-V dan juga Honda BR-V dan Xpander serta pendatang gres dari negeri China ialah Sokon Glory 580.

Tampilan kedua SUV sangat terlihat berbeda dari versi sebelumnya baik dari semua sisi, baik itu dimensi, desan dan juga mesin. Generasi kedua Rush Terios 2018 memiliki dimensi yang lebih panjang dari versi sebelumnya ialah panjang 4.435 milimeter, lebar 1.695 mm dan tinggi 1.705 mm. Jarak sumbu rodanya 2.685 milimeter. Jok baris ketiga juga semakin luas sebab dimensi juga bertambah sebanyak 17 cm .

Bagian mesin Daihatsu Terios dan Toyota Rush memakai mesin gres 1.500cc dengan instruksi 2NR-VE dengan teknologi dual VVT-i menyerupai yang dipakai pada Avanza Veloz yang sanggup memperlihatkan tenaga 104 HP dan torsi maksimum 136 Nm yang disalurkan ke pelopor roda belakang lewat transmisi manual lima percepatan dan empat percepatan otomatis. Mesin ini di develop dan mempunyai beberapa komponen gres yang mempengaruhi pemakaian materi bakar. Air Intake pada mesin ini dibikin menghadap ke samping kiri, sehingga cukup tangguh untuk melewati genangan air.

All New Daihatsu Terios 2018
Bagian desain grill depan dibalut krome untuk Terios tipe R, sedangkan tipe X warna grill sebodi warna. Fog lamp dengan memakai model halogen. Velg memakai model two tone berukuran 17 inch dengan ukuran ban 215/60 sehingga makin tinggi.

Akhirnya duo SUV Toyota dan Daihatsu ini mendapat juga penyegaran gres a All New Rush dan Terios Siap Tantang Honda BRV dan HR-V

Bagian kaki-kakinya juga terlihat semakin lezat dilihat dengan velg memakai model two tone berukuran 17 inch dengan ukuran ban 215/60 sehingga semakin bertambah tinggi apalagi dengan ground clearance 220 mm, jadi yang terbaik dikelasnya.

Bagian belakang, terlihat lekukan tegas dengan desain modern dengan aksen hitam yang membuatnya terlihat semakin gagah. Terdapat sensor parkir di cuilan belakang dan depan dan dibawah spion. Tipe R sudah dilengkapi dengan kamera 360 yang mempunyai kegunaan ketika parkir yang sempit sekalipun dan melihat situasi sekeliling mobil. Ban serep tidak lagi berada di belakang body atau "Konde", namun diletakkan dibawah dilengkapi dengan tray dilengkapi dengan roda untuk memudahkan dalam proses bongkar pasangnya serta terbebas dari kotoran debu.

Spoiler belakang juga menciptakan tampilannya makin sporty dengan aksen hitam pada cuilan sampingnya. Namun belum di lengkapi dengan defogger pada cuilan kacanya. Bagian lampu rem belakang terlihat anggun ketika dinyalakan, sebab modelnya yang pipih.

Bagian bagasi juga bertambah luas meskipun semua jok tegak, masih cukup untuk menampung dua koper kecil. Apalagi kalau dingklik baris ketiga dilipat bagasi semakin luas.

Masuk ke dalam interior, terlihat perubahan total juga dari versi lawasnya. Interior terlihat minimalis dengan cuilan panel-panel di dashboard berwarna hitam dengan list warna putih. Serta ada motif jahitan-jahitan palsu namun terlihat bagus. Bahan jok memakai materi fabric. Bagian jok belakang baris ketiga masih cukup memadai untuk orang cukup umur tentunya untuk jarak pendek, tapi lebih nyaman bagi anak-anak.

AC sudah dilengkapi dengan Auto Digital/Climate Control serta fitur hiburan yang sudah memakai Headunit yang sanggup memutar USB, Bluetooth dan lain-lain.  Lampu utama pada tipe R juga dilengkapi dengan Automatic headlamp yang berfungsi secara otomatis menyala kalau cuaca sudah mulai gelap. Selain itu terdapat juga Front Sensor dan fitur Vehicle Stability Control.

Untuk harganya All new Terios ini akan dibanderol dengan harga Rp195-247 jutaan. Berikut harga All New Daihatsu Terios yang hadir dalam 7 tipe:

Tipe X MT Rp195,2 juta
Tipe X MT Deluxe Rp205,2 juta
Tipe X AT Deluxe  Rp215,2 juta
Tipe R MT Rp227,9 juta
Tipe R MT Deluxe Rp237,9 juta
Tipe R AT Rp237,9 juta
Tipe R AT Deluxe Rp247,9 juta
Custom MT  Rp. 240,3 juta
Custom AT Rp 250,3 Juta

Daihatsu Hadirkan Terios Custom
Daihatsu Terios Custom hadir di GIIAS 2018 dengan membawa sejumlah kelebihan menyerupai cuilan eksterior yang dibalut dengan bemper gres dan stone guard di sisi bodi, serta cuilan grill, cover fog lamp diberi komplemen aksen berwarna hitam. Selain itu terlihat sticker berwarna merah silver di cuilan sampingnya.


Melihat ke interior terlihat komplemen Jok fabric bernuansa hitam serta scuff plate hitam. Bagian dashboard tertanam headu unit tocuh screen yang tersambung dengan audio steering switch serta kamera parkir dan around view monitor, selain itu ada AC digital.

Toyota Rush 2018
All New Rush hadir dalam 2 tipe saja ialah G dan TRD Sportivo dan juga ada 6 pilihan warna yang sanggup dipilih konsumen ialah white, silver mica metallic, black mica, red mica metallic, bronze mica metallic dan bordeaux mica.

Semua tipe Rush dibekali dengan lampu LED depan belakang, keyless entry dan keyless start plus serta kamera mundur. Selain itu terdapt 13 cup holder yang sanggup dipakai menyimpan botol minuman. Toyota Rush juga sudah dilengkapi 6 SRS airbag, 7 seat belt indicator dan 7 head rest, Fitur ABS, Solid Vehicle Stability Control (VSC), Emergency Brake Signal (EBS), dan Secured Hill-Start Assist (HSA) untuk semua tipe.

Toyota mengklaim bahwa Rush terbaru sanggup membukukan 11,3 km per liter dalam kondisi macet, sedangkan luar kota atau toll sanggup mencapai 23 km per liter, jadi rata-rata konsumsi BBM-nya tercata 19,4 km per liter sebab memakai mesin yang Avanza Veloz yang sudah dikembangkan lagi. Selain itu juga ada juga penambahan stabilizer pada suspensi sehingga sanggup mengurangi body roll yang berlebihan. Berikut beberapa perbedaan tipe Toyota Rush G dan TRD Sportivo:

Tipe G
  • Ban memakai ukuran 215/65 dengan ukuran 16 inci Velg model two tone. 
  • Fitur keyless entry dengan Push Start Button
  • 6 airbags pada cuilan depan untuk penumpang dan pengemudi, airbag samping, dan curtain shield airbag (CSA).
  • Fitur Tilt Steering namun belum ada Telescopic.
  • Pengaturan AC masih manual
  • Rear Defogger.
  • Console Box Armrest dengan materi plastik
  • Jok fabric dengan model semi bucket 
  • Fitur hiburan deilengkapi dengan head unit 7 Inch, namun belum dilengkapi dengan konektivitas internet, support multitasking dan Smart Phone Repote App, serta hanya mempunyai enam speaker.

Berikut fitur-fitur gres yang hadir pada All New Rush TRD Sportivo:
  • Velg model two tone dengan ukuran ban 215/60 17 inch.
  • Dilengkapi proyektor HID, daytime running light (DRL), lampu kabut, dan lampu belakang sudah LED.
  • List body kit di sekeliling bodi yang menciptakan tampilannya makin sporty.
  • Charger juga terdapat pada baris dingklik ketiga.
  • Spion dilengkapi dengan sein LED dan sudah retractable, antena model sirip hiu.
  • Toyota Rush TRD memakai materi kulit pada setir, shift knob, dan materi soft touch di instrumen panel, center cluster, door arm rest, juga console box-nya. 
  • Fitur keyless entry dengan Push Start Button. Pada tipe TRD, dilengkapi dengan fitur Smart Entry.
  • Pada fitur hiburan tersedia DVD AVX 7 inci dengan konektivitas Internet, USB, Bluetooth, Ipod/Iphone Connect, Physical Remote, Miracast, Weblink, Support Multitasking dan Smart Phone Remote App dengan 8 buah speaker.
  • Pengaturan AC sudah digital dan ada fungsi otomatisnya.
  • Pada bemper depan dan belakang terdapat garis merah yang memang ciri khas dari TRD Sportivo
Perbedaan Fitur Terios dan Rush 2018
Dari data diatas sanggup disimpulkan beberapa perbedaan pada duo SUV kembar ini yaitu:
  1. Fitur keselamatan. Rush hadir dengan enam air bags sedang Terios cuma tersedia dua airbag.
  2. Rush dilengkapi dengan Fitur vehicle stability control (VSC) dan hill start assist (HSA) pada semua tipe, sedangkan Terios hanya pada tipe R saja.
  3. Semua tipe Rush dilengkapi dengan kamera parkir mundur juga begitu.Terios hanya pada tipe R saja.
  4. Terios tipe R mempunyai kamera 360 derajat dan kamera depan sehingga sanggup melihat ke seluruh arah dan memudahkan pada ketika parkir. Sedangkan pada Rush tidak tersedia.
  5. Rush semua tipe dilengkapi tujuh indikator safety belt, sedangkan Terios hanya pada tipe R saja.
  6. Rush semua tipe dilengkapi emergency stop/brake signal yang mempunyai kegunaan ketika pengereman mendadak, sedangkan Terios hanya pada tipe R saja.
  7. Daihatsu Terios tipe R sudah dibekali dengan lampu depan otomatis yang menyala ketika hari mulai gelap. Sedangkan pada Rush tidak ada.
  8. Fitur hiburan Rush dan Terios sama-sama memakai layar sentuh 7 inci. Perbedaannya Rush TRD Sportivo sudah sanggup memakai internet, weblink serta navigasi Waze dengan 8 surround sound speakers. Sedangkan Terios tipe R tidak sanggup internet dan hanya mempunyai 6 mid-range speaker plus 2 tweeter.
  9. Rush tampil dengan grill depan berwarna black chrome sehingga terlihat sporty, sedangkan Terios dengan grill berwarna krom sehingga terkesan elegan.
  10. Rush hadir dibekali dengan defogger pada cuilan beling belakang sehingga makin nyaman untuk pengemudi dari sisi visibilitas, sementara Terios tidak mempunyai fitur ini.
Rush dan Terios ini ternyata memang diluncurkan untuk menjegal Honda BR-V yang ketika ini semakin turun minat pembelinya dan juga Mitsubishi Xpander yang semakin laku manis. Untuk Xpander bahkan pembeli harus inden usang bahkan sanggup hingga 6 bulan.

Perbandingan Rush dan Honda BRV

Jika dilihat dari segi dimensi BR-V mempunyai panjang 4.453 milimeter, sedangkan Rush hanya 4.435 mm. BRV dengan  lebar 1.735 mm berbanding dengan Rush 1.695 mm, untuk tingginya, BR-V 1.666 mm dan Rush 1.705 mm. Sementara itu jarak sumbu roda BR-V dan Rush sama-sama ialah 2.662 mm. Untuk gorund clearance Rush lebih unggul ialah 220 mm berbanding BR-V yaitu  210 mm.

Jika membandingkan dapur pacunya, Keduanya dibekali dengan mesin 1500 cc, namun beda tenaga yang dihasilkan. Honda BR-V lebih unggul ialah dengan 108 Hp dan torsi 145 NM, sedangkan Rush gres hanya 102 HP dengan torsi 136 Nm.

Dari sisi fitur keselamatannya, keduanya cukup anggun dengan adanya ABS, EBD dan ESC, bedanya Rush sudah dilengkapi dengan 6 buah airbags sementara Rush hanya dua airbags di depan.

Terus bagaimana kalau Rush Terios ini dibandingkan dengan Xpander? Beberapa pecinta otomotif bahkan juga menciptakan beberapa perbandingan, sebab Xpander juga mempunyai DNA SUV sehingga cukup pantas untuk disandingkan bersaing dengan Rush dan Terios yang juga menampung tujuh penumpang.

Rush dan Terios hadir dengan pelopor roda belakang, sedankan Xpander dengan pelopor roda depan. Perbandingan dimensinya juga lebih panjang Xpander dengan 4.475 mm berbanding Rush 4.435 milimeter, Xpander juga lebih lebar dengan lebar 1.750 berbanding Rush 1.685 mm, namun Rush lebih tinggi dengan 1.705 mm berbanding Xpander 1.700 mm.

Mitsubishi Xpander dijual dengan harga di kisaran Rp. 180 hingga 240 jutaan. Dengan 6 tipe ialah Ultimatr AT, Sport AT, Exceed AT, Exceed MT, GLS MT, dan GLX MT. Sedangkan Rush  akan dijual dengan harga Rp 239,9 juta hingga termahal Rp 261,3 juta on the road Jakarta dengan dua tipe saja ialah G dan TRD Sportivo. Berikut harga Toyota Rush terbaru 2018:

Rush 1.5 G MT: Rp. 242.150.000
Rush 1.5 G AT: Rp. 252.150.000
Rush 1.5 TRD MT: Rp. 253.550.000
Rush 1.5 TRD AT: Rp. 263.550.000

Review Test Drive dan Konsumsi BBM New Rush Terios

Kompas Otomotif: memakai Rush transmisi otomatis (AT) dengan jarak tempuh 65 km dari Purwakarta menuju bandung lewat Subang sanggup mendapat 11,4 km per liter dengan catatan ada macet di beberapa titik dan jalan menanjak menuju arah Lembang. Untuk performanya agak kurang  bertenaga sehingga mesin sedikit terpaksa atau meraung ketika melintasi tanjakan dan melewati truk.

Liputan 6: Menggunakan Terios Manual melewati jalur perbukitan tempat Sumatera Barat menyatakan bahwa akselerasi tenaga pada putaran bawah cukup bergairah serta perpindahan gigi dan pengendaliannya juga halus. Posisi berkendara tidak terlalu tinggi lebih menyerupai MPV dan suspensi sudah mendapat peningkatan dari model sebelumnya, tidak terlalu empuk tapi cukup nyaman serta body roll juga lebih anggun dari versi lawas. Kekedapan juga sudah mulai membaik, namun bunyi raungan mesin masih masuk ke dalam kabin. Bagian jok tipis dan kurang mendekap body badan dengan baik.

Pikiran rakyat: Menggunakan Rush TRD Sportivo Manual, settingan pedal yang terasa tinggi sehingga perlu penyesuain beberapa saaat. Untuk handling, overtaking dan manuver tanpa kendala, sedangkan untuk kenyamanan serta handling juga bagus.

Sindo: Menggunakan Rush TRD Sportivo Manual dari Purwakarta ke Subang dengan jarak tempuh sekitar 70 km, sanggup melaju di toll sampe 165 KM per jam namun untuk kecepatan ini kendaraan beroda empat sudah tidak terasa nyaman lagi. Sedangkan kalau dipacu pada kecepatan 150 km per jam masih cukup nyaman. Untuk tenaga gres terasa pada ketika rpm 3000 ke atas. Untuk konsumsi BBM tercatat 14 km per liter, sedangkan pada ketika jalan santai sanggup menyentuh angka 1:19. Gejala limbung masih sedikit terasa meskipun suspensi sudah lebih baik.

Uji coba Akselerasi Rush vs Xpander

Selain BR-V, Rush juga disandingkan dengan kendaraan beroda empat MPV terbaru Mitsubishi yang ketika ini menjadi andalan dan makin meningkat penjualan di kelasnya ialah Xpander. Salah satu media online, tribun menguji seberapa kencang akselerasi dan tenaga yang dimiliki oleh Rush dan Xpander yang mempunyai kapasitas 1.500 cc 4 silinder dengan pelopor otomatis. Dari hasil uji coba Rush sanggup menyelesaikannya 0-100 km dalam waktu 14,9 detik. Sementara itu Xpander lebih baik dengan catatan waktu 13,5 detik.