Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Langkah Yang Di Lakukan Kalau Printer Tidak Mau Mencetak

Langkah yang di Lakukan jikalau Printer tidak Mau Mencetak - Apa yang harus kita lakukan jikalau perangkat printer yang biasa kita gunakan tidak mau mencetak? Panik, pusing, jengkel dan kesal mungkin yang kita rasakan tapi bukan itu yang kita butuhkan. Yang kita butuhkan ialah cara mengatasi printer tidak mau mencetak.

Nah masalahnya kita tidak tahu apa yang harus dilakukan dengan problem yang sedang terjadi tersebut. Makara dengan pembahasan ini kita akan mencari tahu apa yang seharusnya kita lakukan untuk mengatasi problem printer tersebut.

Mengalami printer yang tidak bisa dipakai menyerupai biasanya pastinya kita akan sangat kesal. Biasanya dalam keadaan kesal ini kita malah bisa melaksanakan hal-hal konyol yang hanya akan memperparah kerusakan yang terjadi.

Makara pertama kita harus hening dan tidak emosi dalam menghadapi error printer yang mengganggu pekerjaan kita tersebut. Ini penting lantaran jikalau kita bisa tetap hening dan tidak kesal serta terbawa emosi maka kita sanggup dengan gampang mendeteksi kerusakan yang mungkin terjadi dan segera melaksanakan penanganan yang tepat. 

Ada satu cerita, saya sendiri pernah, sedang mencetak dokumen penting tiba-tiba printer error dan tidak mau mencetak. Sudah berkali-kali di coba tapi tetap saja printer membisu seribu bahasa.

Saya kesal, panik dan murka ketika itu dan lantaran emosi dan tidak sabar hasilnya saya melaksanakan hal kurang berilmu dengan menghantam printer tersebut dengan kepalan tangan.

Jelas, dengan hantaman keras casing luar printer rusak tapi setelah itu printer hidup. Yang terjadi bersama-sama ialah lantaran problem kabel printer yang kendor, ketika dihantam tadi kabel tersebut ikut goyang dan tersambung kembali.

Yang kemudian terjadi ialah penyesalan lantaran meski printer bisa hidup kembali namun pecahan penyangga kertas sudah terlanjur patah. 

Sedikit dongeng di atas ialah pola dimana sebaiknya jikalau mengalami problem kita tetap harus santai dan tidak perlu emosi biar tidak terjadi kecerobohan menyerupai itu. Sekarang bagaimana dengan problem untuk printer kita ini, apakah yang harus kita lakukan.

Ada beberapa langkah yang bisa kita lakukan jikalau kita mengalami printer tidak mau mencetak. Lalu, langkah apa saja yang bisa dilakukan jikalau printer tidak mau mencetak. Yang bisa dilakukan antara lain sebagai berikut:

  1. Cek sambungan kabel
  2. Cek arus listrik
  3. Cek kondisi sebelum dan sehabis problem terjadi
  4. Periksa kerusakan hardware
  5. Lakukan perbaikan sesuai tanda-tanda yang terjadi
  6. Printer hp laserjet enterprise 600 m603dn

Yang bisa kita kita lakukan jikalau printer mengalami problem menyerupai ini bersama-sama yang pertama ialah menyidik secara keseluruhan printer kita tersebut. Catat keadaan terakhir printer dan periksa printer secara menyeluruh untuk mengetahui apa yang terjadi para printer kita tersebut.

A. Cek sambungan kabel
Pertama tama kita mulai dengan menyidik seluruh sambungan kabel printer yang ada. Kita periksa terlebih dahulu keadaan sambungan listrik yang ada, apakah normal menyerupai biasanya. Jika listrik tidak ada problem maka kita periksa satu persatu kabel printer yaitu kabel daya dan kabel data pada printer.

Periksa kabel yang ke sambungan listrik, apakah sudah terpasang dengan benar dan apakah tidak ada kerusakan. Bisa saja kabel colokan longgar atau tidak terpasang dengan benar sehingga printer tidak sanggup menyala dan tidak mau mencetak. 

Setelah itu lakukan juga investigasi pada kabel printer yang ke komputer atau laptop. Periksa keadaan kabel apakah tidak ada yang rusak dan sudah terpasang dengan baik. Untuk memastikan kita bisa mencabut terlebih dahulu kabel tersebut, menyidik apakah ada kerusakan dan memasangnya kembali.

Pada perkara tertentu bisa juga terjadi problem menyerupai ini lantaran kabel ke komputer atau laptop tidak terpasang dengan benar. Untuk mengatasinya cabut dan pasang kembali dengan benar kemudian coba hidupkan printer.

Kadang kita juga bisa lupa memasang kabel data tersebut jadi meski printer dalam keadaan on (hidup) namun tidak mau mencetak lantaran sambungan kabel ke komputer atau laptop tidak terpasang.

Dengan menyidik sambungan kabel tersebut mudah-mudahan printer kembali normal. Jika setelah di periksa namun problem belum teratasi maka ada kemungkinan printer mempunyai problem lain. Kita bisa melaksanakan investigasi selanjutnya.

B. Cek kondisi sebelum dan sehabis problem terjadi
Jika terjadi problem ini, baik juga bagi kita untuk mengidentifikasi kerusakan dengan menyidik kondisi sebelum dan sehabis printer error. Ingat kembali apa yang kita lakukan sebelumnya dengan printer tersebut, apakah sebelumnya printer bisa dipakai dengan normal.

Setelah itu periksa juga kondisi terakhir yang terjadi, kita bisa mencari tahu "printer tidak mau mencetaknya menyerupai apa". Contohnya ada beberapa kondisi printer tidak mau mencetak antara lain:

1. Printer dalam keadaan mati dan tidak sanggup mencetak
2. Printer hidup dan tidak mau mencetak
3. Printer hidup bisa mencetak tetapi hasilnya tidak ada sama sekali (hasil cetak putih semua)

Masing-masing keadaan di atas tentu memerlukan penanganan yang berbeda-beda satu dengan lainnya. Jika printer dalam keadaan mati dan tidak sanggup mencetak maka ada kemungkinan sambungan kabel tidak terpasang dengan benar. Atau bisa juga lantaran ada kerusakan mainboard printer sehingga printer sudah tidak bisa dihidupkan. 

Jika printer dalam keadaan hidup tetapi tidak mau mencetak maka ada beberapa kemungkinan. Pertama bisa saja lantaran kabel data yang ke komputer atau laptop tidak terpasang dengan baik.

Bisa juga kita mencetak bukan dengan printer yang terpasang tersebut (jika printer tidak terpilih sebagai dafault printer). Kemungkinan berikutnya bisa juga lantaran printer dalam keadaan paused dimana semua pencetakan akan ditunda. Untuk problem ini kita harus set printer menjadi "ready".

Bisa juga printer kita mengalami problem ketiga yaitu bersama-sama printer bisa mencetak tetapi tidak ada hasilnya (kertas hasil cetakan putih higienis menyerupai tidak ada tinta sama sekali).

Untuk problem ini biasanya terjadi banjir pada cartridge printer. Untuk mengecek dan mengatasi problem ini coba buka cartridge dan bersihkan tinta yang melebar pada head cartridge.

C. Periksa kerusakan hardware
Kemungkinan selanjutnya yang sanggup mengakibatkan printer tidak mau mencetak ialah lantaran adanya kerusakan hardware atau perangkat keras printer. Jika memang terjadi problem ini biasanya printer tidak dalam keadaan hidup.

Meski sudah ditekan berkali-kali tombol power-nya tetapi printer tetap tidak menyala, tidak ada indikator lampu yang hidup. Biasanya problem ini disebabkan lantaran mainboard yang rusak.

Untuk problem yang satu ini jikalau kita bukan jago servis maka kita tidak sanggup melaksanakan perbaikan sendiri. Untuk mengatasi problem ini kita harus membongkar dan mengganti perangkat hardware yang rusak. Oleh lantaran itu sebaiknya - jikalau tidak biasa - kita lebih baik membawa printer tersebut ke kawasan servis.

Biaya servis printer menyerupai ini bisa bervariasi tergantung jenis kerusakan dan brand printer. Bisa mulai dari 100 ribu rupiah atau lebih, kita sanggup menanyakan biaya servis printer tersebut eksklusif ke tukang servis yang bersangkutan.

Langkah yang di Lakukan jikalau Printer tidak Mau Mencetak Langkah yang di Lakukan jikalau Printer tidak Mau Mencetak

Untuk mengatasi problem yang terjadi pada printer kita tersebut kita sanggup mengikuti Langkah yang di Lakukan jikalau Printer tidak Mau Mencetak di atas dan segera melakukan perbaikan sesuai tanda-tanda yang terjadi.

Perlu diingat, sangat dianjurkan untuk membawa printer ke kawasan servis jikalau kita memang belum begitu terbiasa mengatasi masalah-masalah printer yang terjadi kecuali jikalau kita memang ingin mencar ilmu dan siap berkorban jikalau ada kerusakan yang lebih parah lantaran kesalahan kita sendiri. 

Sumber http://belajar-komputer-laptop-printer.blogspot.com/