Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Cara Sederhana Mengusut Kondisi Mesin Sebelum Membeli Kendaraan Beroda Empat Bekas

Selain mengecek nomor mesin dan nomor chasis ataupun body, sahabat-sahabat juga harus mengecek kondisi mesin terutama untuk kendaraan beroda empat bekas apalagi bagi yang masih awam ihwal mesin mobil.


Hai semua sahabat , pada artikel ini aku akan membagikan tips menyidik keadaan mesin kendaraan beroda empat yang masih layak pakai untuk kendaraan beroda empat bekas.


Berikut hal-hal yang perlu diperiksa sebelum membeli kendaraan beroda empat bekas :

1.Memeriksa kondisi mesin dari air radiator.
Caranya dengan menghidupkan mesin dalam keadaan langsam, kemudian bukalah tutup radiator. Jika air di dalam radiator menembak keluar dan adanya gelembung udara maka dipastikan mesin bermasalah. Kemungkinan besar paking silinder head sudah bocor atau adanya kebalingan pada silinder head dan adanya kerusakan pada sistem pendingin menyerupai tersumbatnya jalur air radiator dan pompa air\water pump sudah tidak bekerja dengan baik.


2. Memeriksa kondisi mesin dari tutup oli.
Caranya dengan menghidupkan mesin dalam putaran langsam, kemudian buka lah epilog oli.
Jika dari dalam tutup oli keluar asap sudah dapat dipastikan mesin mengalami kerusakan yang cukup parah.karena asap yang keluar disebabkan oleh adanya ukiran pada penggalan piston, metal dan kur as/crank shaft.




3. Mendengarkan bunyi mesin.
Pada umumnya jikalau mesin masih dalam keadaan sehat maka bunyi yang dihasilkan akan halus, tetapi jikalau mesin terdengar bunyi kletek kletek menyerupai bunyi benturan besi, maka mesin sudah mengalami kerusakan yang parah. ini disebabkan oleh adanya kerusakan pada penggalan cylinder head,piston dan crank sharft.

4. Asap knalpot.
Mesin dalam keadaan normal atau sehat tidak akan mengeluarkan asap yang begitu pekat bahkan asap buang tidak terlihat. Namun jikalau asap yang keluar berwarna putih maka sudah dapat dipastikan ring piston sudah mulai haus atau adanya kerusakan pada sistem penyuplai materi bakar.

5. Memeriksa oli mesin.
Cara ini harus membuang sedikit oli dari daerah penampungan oli pada mesin. Rupa oli pada Mesin dengan kondisi normal akan higienis dan tidak ada adonan menyerupai air, tetapi jikalau oli bercampur dengan serbuk serbuk besi ataupun air maka sudah dapat dipastikan penggalan komponen mesin ada yang rusak menyerupai keretakan pada blok mesin dan adanya kehausan pada metal piston/metal kur as atau crank shaft.

6. Memeriksa pinggiran-pinggiran mesin dari kebocoran oli.
Mungkin hal ini tidak terlalu penting namun kebersihan
masih menjadi
poin penting dalam menyidik
kesehatan mesin mobil.

7. Memeriksa filter udara
Filter udara yang kotor atau pun terlumur dengan oli
menunjukan bahwa mesin
mengalami, sedikit kerusakan yang di akibatbkan oleh
ring piston yang sudah Aus.


Mungkin hanya ini saja yang dapat aku bagikan kepada sahabat mekanik zaman now semua.
Semoga bermanfaat dan jangan lupa Share artikel ini semoga teman-teman yang lain juga dapat terbantu dengan adanya artikel ini
Dan bagi sahabat mekanik zaman now yang ingin bertanya dipersilahkan coment di kolom komentar.