Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Soal Hots Geografi Vulkanisme

Selamat pagi teman-teman, kali ini aku coba lagi berikan teladan latihan soal HOTS geografi bahan vulkanisme. Untuk mengerjakan soal tipe hots ini kau harus sering berlatih mengerjakannya biar familiar sehingga dikala nanti UN kau gak shock melihat soalnya. Soal hots ini memerlukan daya baca yang baik makanya jangan malas membaca.

1. Perhatikan kalimat di bawah ini!
"Vulkanisme tidak selalu berarti letusan gunung api".
Pernyataan yang paling sempurna untuk menanggapi kalimat diatas ialah ....
a. Isi kalimat tersebut benar, alasannya ialah vulkanisme tidak selalu berupa bencana letusan gunung api tapi sanggup berupa gempa vulkanik.
b. Isi kalimat tersebut benar, alasannya ialah vulkanisme sanggup berupa letusan gunung api maupun bencana penerobosan magma di lapisan kerak bumi.
c. Isi kalimat tersebut benar hanya saja harus ditambahkan bahwa vulkanisme sanggup terjadi di darat dan di lautan, dimana letusan gunung api maritim kadang tidak disadari sebagai fenomena letusan.
d. Isi kalimat tersebut salah alasannya ialah vulkanisme selalu berkaitan dengan bencana erupsi.
e. Isi kalimat tersebut salah alasannya ialah vulkanisme identik dengan bencana letusan dahsyat gunung api.
 kali ini aku coba lagi berikan teladan latihan soal HOTS geografi bahan vulkanisme Contoh Soal HOTS Geografi Vulkanisme
Peristiwa vulkanisme di bumi
Jawaban yang paling sempurna adalah B. Mengapa B? Kita cek penjelasannya di bawah.
Vulkanisme ialah sebuah fenomena acara yang berkaitan dengan penerobosan magma dari dalam bumi ke luar permukaan bumi. Magma yang menerbos lapisan kerak bumi tapi tidak mencapai permukaan disebut intrusi magma sementara yang berhasil mencapai permukaan bumi disebut ekstrusi (familiar dengan letusan gunung api).

Jadi tanda-tanda vulkanisme itu ialah segala hal terkait penerobosan magma ke kulit bumi baik itu yang tidak hingga mampun hingga ke permukaan. Makara vulkanisme tidak selalu harus berujung gunung api yang menjulang tinggi. Beberapa fenomena lain seperi batolith, lacolith, sill, dyke ialah teladan dari hasil intrusi magma. Makara pengertian vulkanisme itu luas juga. Semoga bermanfaat dan jangan lupa share ke teman-teman lain.